Apa Itu Artikel Listicle dan Bagaimana Cara Membuatnya?

apa itu artikel listicle

Saat ini artikel dalam bentuk listicle menjadi salah satu satu artikel yang sangat populer dan kamu akan secara mudah untuk mendapatkan beberapa situs dalam negeri maupun luar negeri yang berisikan mengenai artikel listicle. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai artikel listicle. Mari kita lebih dahulu mengerti apa itu artikel listicle. 

Apa Itu Artikel Listicle ?

Sumber gambar: pexels.com/Tima-Miroshnichenko

Listicle merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris. Sedangkan untuk pengertian lebih jelasnya Listicle merupakan sebuah akronim gabungan dari kata “list” dan “article” yang arti bahasa indonesia nya adalah artikel dalam bentuk daftar. 

Untuk saat ini artikel listicle tidak bisa kamu temui di dalam majalah-majalah akan tetapi bisa kamu temui di beberapa situs media online luar negeri seperti buzzfeed dan lifehack. 

Sedangkan untuk situs yang ada di dalam negeri mengenai artikel listicle bisa kamu temui di hipwee, brilio, kontenseru.com dan masih banyak situs-situs lainnya. 

Listicle kini boleh dijadikan sebagai salah satu artikel yang banyak disukai oleh pembaca dengan melalui media daring. Bahkan saat ini, terdapat banyak jasa SEO yang menyarankan para blogger untuk mengutamakan format artikel ini untuk optimasi SEO situsnya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa banyak pembaca yang berasal dari media daring mulai dari tampilan yang lebih simple, singkat dan padat. Terkadang ada beberapa artikel di situs tersebut menyisipkan beberapa meme, komik dan gif animated lainnya. 

Setelah kamu mengetahui apa itu artikel listicle mari kita bahas lebih lanjut mengenai beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk menulis artikel listicle. 

Langkah-Langkah Membuat Artikel Listicle 

Sumber gambar: pexels.com/Suzy-Hazelwood

Setelah mengetahui garis besar tentang apa itu artikel listicle, pasti kamu semakin penasaran bukan? Mari kita langsung saja jelaskan beberapa langkah menulis artikel listicle yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. 

1. Memilih Topik Secara Tepat 

Langkah yang pertama adalah kamu harus menentukan untuk topik yang akan kamu bahas di artikel listicle. 

Pada artikel listicle kamu tidak perlu merasa kebingungan karena ada beberapa mayoritas dari artikel listicle mempunyai tema dan pembahasan yang ringan. 

Kamu juga bisa menuliskan beberapa hal tentang di masa lalu sehingga para pembaca juga merasa diajak untuk bernostalgia. 

Selain itu, kamu juga bisa menulis hal-hal terlewatkan yang mengundang tawa dan intinya artikel listicle berkaitan langsung dengan kehidupan seseorang. 

2. Memilih List yang Akan Ditulis 

Sebelum kamu menulis artikel listicle kamu perlu memilih topik terlebih dahulu dan kamu bisa mendaftarkan terlebih dahulu untuk beberapa topik tersebut. 

Langkah selanjutnya kamu bisa mengumpulkan semua ide yang yang ada di kepala dan menuangkan semua pikiran tersebut di tulisan artikel kamu. 

Pada langkah satu ini juga sering disebut dengan brainstorming agar dapat memunculkan pikiran-pikiran dan dapat terbuka untuk mendapatkan semua kemungkinan gagasan yang saling mempunyai hubungan. 

3. Menentukan Format Pada Urutan List

Menentukan sebuah program pada urutan list juga menjadi dasar kenapa orang suka membaca sebuah artikel listicle. 

Contohnya ketika kamu akan menjelaskan mengenai alat safety untuk bekerja di ketinggian, maka kamu bisa mengurutkan beberapa pembahasan mulai dari pengertian dari alat safety, macam-macam alat safety untuk ketinggian hingga toko alat safety dimana sejumlah alat tersebut dapat dibeli. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat format atau urutan list secara random atau acak. Hal yang paling terpenting pada saat membuat artikel listicle dengan kalimat pembuka dan penutupnya nyambung. 

4. Mencantumkan Sebuah Label 

Pada saat membuat artikel listicle yang dapat menarik masyarakat kamu bisa menggunakan beberapa kata-kata yang sering digunakan setiap hari. 

Kamu tidak perlu memikirkan dari pendapat orang lain mengenai label yang sedang kamu gunakan. Karena yang menurut kamu baik belum tentu menurut orang lain juga baik dan setiap orang memiliki cara pandang sendiri-sendiri. 

Jadilah kamu seorang penulis artikel yang percaya diri saja. Apa saja label yang kamu gunakan dalam menulis sebuah artikel maka kamu anggap benar adanya. 

5. Menentukan Target Audiens 

Menentukan target audiens dari para pembaca juga merupakan hal yang penting dalam pembuatan artikel listicle. 

Pada umumnya artikel listicle mempunyai segmen audiens kalangan anak-anak muda. Maka dari itu kamu bisa menggunakan gaya bahasa dan topik yang berkaitan dengan anak muda. Sekian informasi mengenai apa itu artikel listicle dan bagaimana langkah yang harus dilakukan dalam membuat artikel listicle.

Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan informasi mengenai artikel listicle.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Email dan Password di Tampilan Facebook di Hp